top of page
  • agustinlia217

Kepopuleran Bisnis Online



Mengutip dailysocial.id, pengguna aktif Instagram di Indonesia mencapai 22 Juta pengguna dari 400 juta pengguna secara global. Survei JakPat (Jajak Pendapat) juga menyimpulkan Instagram kini lebih populer dibandingkan Twitter di Indonesia, terutama pada kalangan anak muda. Menurut survei Jajakpendapat.net, pengguna Instagram di Indonesia menggunakan layanan ini untuk mencari informasi mengenai toko online, meme dan mengunggah foto-foto liburan dan wisata. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak digital agency yang menawarkan jasa social media marketing yang membantu mengelola dan mengoptimalkan pemasaran di media sosial.


Kepopuleran bisnis online menjadi salah satu alasan semakin banyaknya jumlah pengguna marketplace di media sosial melalui saluran mobile. Becker & Hanley (2008:127) menyatakan bahwa banyak pemasar yang mulai menjalin hubungan dengan konsumen melalui saluran mobile dapat menciptakan efektivitas dalam meningkatkan brand awareness, lead generation and revenue. Salah satu media sosial pada saluran mobile yang sering digunakan adalah Instagram. Instagram dapat dikatakan sebagai aplikasi sunting dan berbagi foto yang paling fenomenal di dunia media sosial. Sejak diluncurkan pada tahun 2010 lalu, aplikasi ini telah memiliki sebanyak 400 juta lebih, bahkan hampir mencapai angka 500 juta pengguna dari seluruh dunia, dimana hanya terhitung kurang dari 6 tahun saja.


Terdapat berbagai keuntungan bejualan online di media sosial seperti Instagram yakni tidak dipungut biaya, target pemasaran sangatlah luas dan banyak, laman feeds pada Instagram dapat diatur sesuai dengan keinginan penjual toko, terdapat sistem endorse yang sangat membantu penjualan dan lain sebagainya.


Berdasarkan data tersebut, terlihat bahwa Instagram menjadi aplikasi unggah foto yang paling populer di kalangan pengguna media sosial, yang dapat dimanfaatkan bagi pemasar untuk memasarkan produknya secara online. Instagram pada dasarnya bukanlah platform yang didesain sebagai marketplace (misalnya Tokopedia dan Bukalapak). Bahkan, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan jasa social media marketing untuk membantu mengelola pemasaran di media sosial. Namun, dengan sejumlah 500 juta lebih pengguna dan Indonesia menjadi salah satu dari tiga pengguna Instagram terbesar, banyak sekali toko online yang melebarkan sayapnya ke aplikasi Instagram ini.

DON'T MISS THE FUN.

Thanks for submitting!

FOLLOW ME ELSEWHERE

  • Facebook
  • Instagram

SHOP MY LOOK

POST ARCHIVE

bottom of page